Kuliner Lezat di Pulau Tidung

Berlibur ke tempat wisata Pulau Tidung tidak akan pernah lengkap jika anda belum pernah mencoba makanan lezat yang menjadi ciri khas pulau ini. Pulau yang mengangkat tema bahari ini jelas kaya akan hidangan berasal dari tangkapan laut yang lezat dengan bumbu khas yang gurih. Jadi bukan hanya karena objek wisatanya saja yang membuat banyak travel agen menyediakan paket wisata ke Pulau Tidung dengan harga murah, namun juga karena kuliner khasnya yang harus anda cicipi. Menu andalan berupa aneka ikan dan cumi bakar yang siap menjadi hidangan pagi atau menemani anda ketika merayakan pesta barbeque seperti yang sering menjadi daya tarik pengunjung Pantai Tidung. Anda bisa memilih pula aneka ikan sebagai santapan bakar anda sebelum menikmatinya dalam keadaan matang yang gurih itu. Olahan laut lain seperti sup kepala ikan, sup rajungan, kerang hijau yang dimasak dengan mentega, Baby Stingray dan masih banyak santapan lain yang bisa memanjakan lidah anda. Dengan makanan seafood-nya, pulau ini tetap mampu menyediakan panganan lain seperti kripik sukun.


Di bagian oleh-oleh, pulau ini masih siap sedia memberikan berbagai jajanan khas Tidung untuk dibawa pulang sebagai bukti pernah mengunjungi pulau bahari ini. Jika anda berlibur dengan jasa agen travel penyedia paket wisata Pulau Tidung, biasanya mereka akan mengingatkan anda untuk membeli oleh-oleh sebelum pulang, dan mengantar anda ke tempat anda bisa membelinya. Camilan seperti manisan rumput laut, manisan buah ceremai, asinan cumi dan masih banyak lagi. Di sela-sela kegiatan anda ketika tour di Pulau Tidung, anda dapat menikmati sajian khas menyegarkan es kelapa muda, es cappucinno cincau, janda kecemplung, dan semar mesem yang bisa dinikmati dengan harga terjangkau per teguknya.

Adapula kuliner khas yang disajikan hanya pada saat pesta rakyat sedang diselenggarakan di sekitaran pulau yakni Sate Odol. Nama sajian ini sedikit mirip dengan pasta gigi dengan pembacaan akses bahasa ibu tepatnya bahasa jawa. Namun nama yang unik ini menyimpan kenikmatan dari daging ikan tongkol yang segaja diolah tanpa melibatkan duri ikannya. Sebelum dibakar diatas bara api, daging tongkol ini dicampur terlebih dahulu dengan serangkaian bumbu rempah dari cabai, bawang merah, ketumbar, kecap, dan gula jawa. Daging yang dilunakkan bersama bumbu itu kemudian dibungkus dengan daun pisang serupa pepes, baru kemudian dibakar di atas perapian arang. Rasa gurih dari Sate Odol sudah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang menikmati wisata Pulau Tidung. Anda juga pasti sudah tergiur untuk mencicipinya bukan? Ayo segera coba berwisata kuliner di pulau bahari ini.

0 comments:

Post a Comment